Selasa, 18 Juni 2013

Liputan6.com : "Konsistensi Pelayanan Prima Berita Lintas Generasi"

[Denpasar, Selasa-18/06/2013]

"Aktual, Tajam, Terpercaya". Slogan ini, layaknya suatu trademark, selalu membuat orang teringat pada satu titik persepsi yaknni saluran berita Liputan 6. Mungkin terlalu naif mengakuinya, namun apabila kembali menguak memori masa kecil saya secara pribadi (maaf sentimentil), Liputan 6 seakan telah menjadi  bagian dalam pengembangan intelektual. Mengapa intelektual? 3 slogan tersebut sesungguhnya sudah cukup menggambarkannya. Liputan 6 silam selalu menghadirkan berbagai macam berita yang terkini, terbaru, berbobot, namun bersahaja. Di tengah kesederhanaannyalah, Liputan 6 mampu menjadi saluran berita yang sanggup diterima oleh setiap kalangan, termasuk saya yang kala itu masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Sebagai orang yang hidup di tengah keluarga yang selalu excited memperhatikan perkembangan dunia, peran dari Liputan 6 dahulu sangat besar untuk membuka wawasan kami. Liputan 6 Petang adalah favorit saya dan ayah (nostalgia).

Kita tinggalkan momen manis tersebut sejenak dan coba melihat 1 langkah ke depan. Sebagai sebuah kenyataan faktual, bahwa industrialisasi pertelevisian telah berubah layaknya badai besar dengan begitu banyaknya program maupun event yang senantiasa memanjakan para pemirsanya. Mungkin saya tidak mengerti bagaimana marketing dalam broadcasting, namun sebagai masyarakat awam yang menyaksikan, persaingan dalam dunia pertelevisian banyak membuka paradigma positif. Tanpa terkecuali pada program berita, seakan telah terjadi suatu perlombaan untuk menyampaikan informasi berita terkini. Tuntutan untuk memberikan berita terbaru bagi masyarakat secara mobile pun menjadi barang wajib yang harus dipenuhi
Liputan 6.com menjadi solusi guna menghadirkan fasilitas tanpa batas. Portal berita berbasis internet berita terkini liputan6.com dihadirkan guna memenuhi kebutuhan setiap orang akan berita terkini dan terbaru setiap harinya. Apakah hal ini merupakan terobosan yang terbarukan? Jujur saja tidak. For sure, pada umumnya setiap saluran berita memiliki portal internet demi "pelayanan prima" mereka.

Lalu apa yang membuat jadi beda? Let we see...

Headline  berita terkini liputan6.com

Liputan 6 dan liputan6.com berusaha konsisten dengan tagline mereka, "Aktual". Sampai berita hari ini diturunkan (Selasa,18/06/2013) perihal mengenai kenaikan BBM memang menjadi isu hangat setiap media, tanpa terkecuali berita terkini liputan6.com. Paparan berita disajikan dengan kompleks, pas, dan sumber yang terpercaya, baik mulai dari judul yang "kalem" serta muatan yang jauh dari kesan provokatif. Kebablasan kebebasan berekspresi (setidaknya berdasarkan pengamatan saya sampai saat ini) tidak ditemukan dalam setiap berita terkini liputan6.com. Sumber berita yang valid selalu menjadi pertimbangan menurut saya, sehingga Liputan 6 dan liputan6.com tidak memasang berita yang masih sebatas isu yang kabur (vague). Hal inilah yang menjadi alasan mengapa saya berpendapat berita terkini liputan6.com tetap berdiri kokoh sebagai media yang edukatif dengan konsisten menyajikan berita yang aktual, tajam dan terpercaya.

Liputan6.com juga tidak menjadi portal berita terkini yang monoton. Di tengah kerap terjadinya badai berita "yang itu-itu" saja yang dengan sengaja ditampilkan oleh media, liputan6.com mencoba memberikan kesegaran tersendiri dengan menampilkan berita terbaru yang menarik, bahkan ketika web pertama kali dibuka. Berita hari ini yang memaparkan tentang Atsuko Maeda (ex-AKB48), Mayu Watanabe (AKB48) dan TVXQ (Boyband Korea), memberikan minat tersendiri bagi saya secara pribadi yang merupakan Fans dari "48 Family" (belum bisa dibilang vvota) dan Cassiopeia (fandom TVXQ). Mungkin kedua berita hari ini tersebut hanya salah satu contoh saja, namun setidaknya bisa memberikan gambaran bahwa liputan6.com tidak ingin terpaku pada paradigma saluran berita yang bagi sebagian orang terkadang bahannya "membosankan"

 
Atsuko Maeda (Ex-AKB48) dalam berita terkini liputan6.com
Mayu Watanabe AKB48 dalam berita terkini liputan6.com
Artikel mengenai TVXQ dalam berita terkini liputan6.com
Terakhir menurut pengamatan saya sebagai penikmat media online, berita terkini liputan6.com hadir dengan tampilan yang sangat lite dengan tidak terlalu banyak menampilkan advertising (sekitar 1 atau 2 flash iklan saja). Mungkin sederhana, namun sebagaimana yang saya sampaikan di awal, bahwa kesederhanaan tersebut sangat membantu bagi pengguna internet dengan kecepatan yang minimalis (seperti saya). Kesempatan untuk menikmati info berita terbaru yang berbobot dengan cepat, baik secara web ataupun mobile, menjadi mudah.

Selera untuk menikmati fasilitas berita mungkin berbeda-beda, namun konsistensi Berita terkini liputan6.com untuk tetap aktual, tajam, dan terpercaya dalam menyajikan berita patut mendapatkan apresiasi lebih. Jadi bagaimana dengan pilihan anda?

Ditulis oleh : Agung Sayoga Raditya (Twitter) (Facebook)
Kredit Foto : Liputan6.com

2 komentar:

  1. berarti lengkap banget ya liputan6. makin te ope aja neh portal berita dalam negeri. salam super. ditunggu kunjungan dan komentar baliknya

    BalasHapus